Selasa, 31 Oktober 2017

Game Pertama Dalam Game Maker.8.0

Game Pertama Anda
Selamat datang di Game Maker. Tutorial ini menunjukkan cara membuat game pertama Anda. Ini akan memakan waktu hanya 30 menit untuk menyelesaikan dan akan mengajarkan dasar-dasar penting Game Maker.
Kami menganggap Anda menjalankan Game Maker dalam mode Simple. (Anda bisa melihat ini di caption jendela.) Jika tidak, klik pada menu File dan tekan Advanced Mode untuk menghapus tanda centang:



Dalam game yang kita buat, beberapa buah buah bergerak. Pemain harus mengklik buah dengan mouse untuk mengumpulkannya. Untuk setiap buah yang dikumpulkan, poin diberi skor. Buah yang bergerak cepat memberi lebih banyak poin daripada buah yang lambat. Dan ada bom yang tergeletak di sekitar yang harus Anda hindari. Game akan terlihat seperti berikut:




Menambahkan Sprite
Game kita membutuhkan gambar untuk dinding, buah, dan hantu. Gambar seperti itu disebut sprite di Game Maker. Jadi langkah pertama adalah menambahkan beberapa sprite. Untuk menambahkan sprite klik pada menu Resources dan tekan Create Sprite atau klik pada tombol dengan simbol Pacman:
.




Bentuk yang agak kosong akan muncul. Dalam form ini, tekan tombol Load Sprite.


Pada file selector yang muncul buka folder Tutorial1 dan di sana klik dua kali pada gambar wall.png. (Jika Anda tidak melihat folder Tutorial1 Anda harus menavigasi pada pemilih file ke folder tempat Game Maker diinstal. Di sana Anda menemukan folder Sprite dan di dalamnya Anda menemukan folder Tutorial1 dengan sprite.)
Bentuk sprite sekarang harus menunjukkan gambar blok dinding. Anda mungkin ingin memberi sprite nama yang sesuai, mis. spr_wall

Sekarang tekan tombol OK untuk menutup form. Di sebelah kiri jendela Game Maker Anda sekarang harus melihat sprite yang baru saja Anda tambahkan. Dengan cara yang sama tambahkan sprite untuk apel, pisang, bom, ceri, dan stroberi dan beri nama yang sesuai. Daftar di sebelah kiri jendela sekarang harus terlihat seperti berikut:


Sebelum melanjutkan, Anda mungkin ingin menyimpan pekerjaan Anda. Klik pada menu File, tekan Save, dan pilih lokasi dan nama file yang sesuai. Perhatikan bahwa file akan mendapatkan ekstensi .gmk. Semua file yang dibuat dengan Game Maker akan memiliki ekstensi tersebut.
Klik tombol Next untuk membuka halaman berikutnya dari tutorial.
Creating ObjectsMembuat Objek
Sprite hanyalah gambar. Mereka tidak melakukan apapun. Tapi benda dalam permainan Anda harus melakukan tindakan. Mereka harus bergerak, bereaksi terhadap klik mouse, dll. Jadi langkah selanjutnya adalah membuat beberapa objek. Kita akan mulai dengan benda dinding. Untuk menambahkan objek klik pada menu Resources dan tekan Create Object atau klik pada tombol dengan bola biru.

Bentuk yang tampil mungkin terlihat agak rumit tapi jangan khawatir. Ini akan segera menjadi jelas.
Kami pertama kali memberi objek nama yang sesuai obj_wall. Selanjutnya, untuk memberikan sprite yang sesuai, klik pada ikon menu di sebelah kanan <no sprite> dan dari menu yang muncul pilih sprite dinding


Benda dinding pasti padat karena kita tidak ingin buahnya melewatinya. Untuk tujuan ini, tekan kotak centang Solid untuk memilihnya. Karena dinding tidak memerlukan perilaku lebih lanjut, tekan tombol OK untuk menutup formulir. Benda dinding sekarang seharusnya muncul dalam daftar di sebelah kiri. Lebih baik simpan pekerjaan Anda sebelum melanjutkan.
Objek Apple
Kita sekarang akan membuat objek apel. Sekali lagi tekan tombol pada toolbar dengan bola biru, untuk membuat objek baru. Berikan objek itu sebagai nama obj_apple dan pilih sprite apel untuk itu. Apel tidak padat. Jadi bentuknya harus terlihat seperti berikut:




Objek apel kita akan membutuhkan beberapa perilaku. Pertama-tama harus bergerak. Dan kedua harus bereaksi terhadap klik mouse. Dalam perilaku Game Maker didefinisikan sebagai berikut: Objek mendapatkan acara. Suatu peristiwa terjadi ketika misalnya objek dibuat, ketika bertabrakan dengan objek lain, dan saat pengguna menekan tombol mouse atau tombol pada keyboard. Anda dapat menunjukkan bahwa objek harus bereaksi terhadap kejadian tertentu dengan melakukan tindakan. Misalnya saat membuat event terjadi kita bisa melakukan aksi untuk mulai bergerak.
Dalam bentuk objek, di tengah ada daftar acara (kosong saat ini). Di sebelah kanan ini ada daftar tindakan yang akan dieksekusi untuk acara yang dipilih. Dan di paling kanan ada enam halaman tab dengan semua tindakan berbeda yang bisa Anda gunakan.
Langkah pertama kami adalah memastikan apel mulai bergerak saat dibuat. Tekan tombol Add Event. Formulir muncul di mana Anda memilih acara Buat: :


Acara ditambahkan ke daftar. Kami sekarang dapat memasukkan tindakan dalam acara ini dengan menyeretnya ke daftar tindakan. Tekan dan tahan mouse pada tindakan kiri atas dengan delapan tanda panah merah, seret ke daftar tindakan dan lepaskan tombol mouse. Sebuah formulir akan muncul di mana Anda dapat menunjukkan arah gerak dan kecepatan. Tekan delapan panah untuk menunjukkan apel bisa bergerak ke salah satu arah ini. Sebagai kecepatan, ketik 8. Akhirnya tekan OK.



Kami sekarang telah menunjukkan bahwa apel itu, jika dibuat, harus bergerak ke salah satu dari delapan arah dengan kecepatan 8. Selanjutnya, kita harus memastikannya memantul ke dinding. Untuk ini kita butuh acara tabrakan. Hal ini terjadi ketika dua objek bertabrakan satu sama lain.
Tekan tombol Add Event dan dalam bentuk klik pada Collision. Pada menu yang muncul pilih wall object

Acara ditambahkan ke daftar. Pastikan itu dipilih. Sekarang klik aksi bouncing (kanan bawahnya) dan seret ke daftar tindakan. Pada form yang muncul cukup tekan tombol OK.
Langkah terakhir kami adalah memastikan pemain bisa menekan mouse pada apel. Dalam kasus ini, kami ingin memindahkan apel ke lokasi acak (untuk mempersulit pengguna menekannya lagi) dan kami ingin memberi skor beberapa pemain.
Sekali lagi tekan tombol Add Event dan dalam bentuk klik pada Mouse. Pada menu pilih Left ditekan. Kejadian ini terjadi saat pemain menekan tombol kiri mouse pada objek. Drag the Jump to Random action ke daftar. (Anda dapat melihat nama tindakan dengan membiarkan mouse menghadap ke atas tombol).

Pada form yang muncul cukup tekan tombol OK. Ini akan membuat apel melompat ke lokasi yang acak. Selanjutnya kita perlu memberi skor beberapa pemain. Di sebelah kanan formulir, pilih halaman berlabel label skor. Satu set tindakan baru muncul. Seret tindakan Set Skor kiri atas ke daftar tindakan. Di form menunjukkan skor baru 50. Sekarang kita tidak ingin mengatur skor menjadi 50 tapi kami ingin menambahkan 50 untuk skor. Untuk tujuan ini klik pada kotak centang Relative.


Ini menyimpulkan definisi dari apel. Daftar acara dan tindakan sekarang harus terlihat sebagai berikut.



Tekan OK untuk menutup formulir objek. Kami sekarang mendefinisikan dua benda penting kami: dinding dan apel, yang sekarang keduanya ditampilkan dalam daftar di sebelah kiri. Lebih baik simpan pekerjaanmu



Membuat ruang
Sekarang setelah kita mendefinisikan dinding dan apel kita, kita perlu menciptakan ruangan untuk meletakkannya. Kamar adalah apa yang pemain lihat saat memainkan permainannya. Game kami hanya membutuhkan satu ruangan tapi permainan yang dibuat dengan Game Maker bisa memiliki banyak ruangan yang berbeda. Untuk membuat sebuah ruangan, klik pada menu Resources dan tekan Create Room atau klik pada tombol yang sesuai pada toolbar:


Bentuk ruangan akan muncul. Di sebelah kiri ada tiga halaman tab: objek, setting, background. Pastikan benda dipilih. Di sebelah kanan ada area kosong yaitu ruangan yang sebenarnya. Jika layar Anda cukup besar, skala yang lebih baik bentuknya sehingga seluruh ruangan terlihat.
Kita sekarang bisa menambahkan benda ke ruangan. Di bagian kiri bawah, klik pada icon menu dan pada menu popup pilih wall object:

Sekarang klik dengan tombol kiri mouse di kiri atas area kamar. Sebuah instance dari objek dinding akan muncul. Lanjutkan menambahkan benda dinding sampai Anda membuat batas lengkap di sekitar ruangan. Jika Anda membuat kesalahan Anda bisa menggunakan tombol mouse sebelah kanan untuk menghapus contoh. (Jika Anda ingin melakukan ini lebih cepat, pada bilah alat tetapkan nilai Snap X dan Snap Y menjadi 32, ukuran sprite, sekarang Anda bisa menggambar banyak sprite dinding dengan menahan tombol <Shift>.)
Selanjutnya kita ingin menambahkan beberapa buah apel. Sekali lagi klik pada ikon menu dan di menu popup pilih objek apel. Tempatkan dua atau tiga benda apel di tempat acak di ruangan. Itu selesai permainan. Tekan tanda centang tanda hijau di toolbar dari bentuk ruangan untuk menutupnya.

Menguji Game
Sekarang saatnya untuk menguji permainan. Lebih baik save game dulu. Klik pada menu Run dan tekan Run secara normal atau tekan tombol run hijau di toolbar.




Jika Anda mengikuti langkah sebelumnya dengan benar jendela Game Maker menghilang dan sebuah jendela menunjukkan di mana apel bergerak. Jika mereka memukul dinding mereka harus bangkit kembali. Dan jika Anda berhasil mengklik dengan mouse Anda di salah satu apel, Anda harus melihat skor di caption meningkat dan apel melompat ke tempat lain.




Sebaiknya periksa permainan dengan seksama. Apakah apel bergerak ke arah yang berbeda? Jika tidak, Anda mungkin tidak membuat acara Buat yang benar. Apakah mereka memantul dari dinding? Jika tidak, mungkin Anda juga tidak membuat dindingnya kokoh atau Anda tidak menciptakan tabrakan yang benar. Dapatkah Anda mengekliknya dengan mouse dan apakah Anda mendapatkan beberapa nilai tambahan? Jika tidak, Anda pasti membuat kesalahan pada acara Mouse press.
Anda bisa mengganti permainan ke mode fullscreen dengan menekan F4. Tekan Esc untuk mengakhiri permainan dan mengembalikan Game Maker.
Menambahkan Latar Belakang
Dengan asumsi permainan Anda berhasil seperti yang diharapkan, sekarang kita akan membuatnya terlihat sedikit lebih menarik. Pertama kita akan menambahkan gambar latar belakang kayu. Klik pada menu Resources dan tekan Create Background atau klik pada tombol dengan gambar:




Pada form yang muncul, berikan background nama yang sesuai dan tekan tombol Load Background.


Pada file selector yang muncul buka folder Tutorial1 dan di sana klik dua kali pada gambar wood.gif. Jika Anda tidak melihat folder Tutorial1 Anda harus menavigasi ke folder tempat Game Maker diinstal. Di sana Anda menemukan folder Backgrounds dan di dalamnya Anda menemukan folder Tutorial1 dengan latar belakang.
Tekan OK untuk menutup form. Latar belakang sekarang harus terlihat dalam daftar di sebelah kiri. Langkah selanjutnya adalah membuat background terlihat di ruangan yang sudah kita buat. Untuk membuka kembali formulir untuk ruangan tersebut, klik dua kali pada daftar di sebelah kiri. (Jangan menambahkan ruang baru!)


Dalam bentuknya, klik pada tab background untuk membuka halaman itu.


Di tengah klik pada ikon menu, di sebelah tempat bertuliskan <no background> dan pilih latar belakang kayu. Latar belakang sekarang harus visibile di ruangan di sebelah kanan.

(Perhatikan bahwa ada banyak pilihan yang dapat Anda atur tentang latar belakang di ruangan tapi kami tidak membutuhkannya di sini.Anda dapat menemukan lebih banyak informasi tentang ini di file bantuan.) Tekan tanda centang hijau di kiri atas untuk menutup ruangan. Sekarang lebih baik save game dan jalankan untuk melihat apakah backgroundnya ditampilkan dengan benar
Menambahkan Suara
Selanjutnya kita menambahkan efek suara ke permainan. Efek ini harus dimainkan saat pemain mengeklik apel. Klik pada menu Resources dan tekan Create Sound atau klik pada tombol dengan gambar speaker:




Pada form yang muncul, beri suara nama yang sesuai dan tekan tombol Load Sound.




Pada file selector yang muncul buka folder Tutorial1 dan di sana klik dua kali pada file suara click.wav. Jika Anda tidak melihat folder Tutorial1 Anda harus menavigasi ke folder tempat Game Maker diinstal. Di sana Anda menemukan folder Sounds dan di dalamnya Anda menemukan folder Tutorial1 dengan suara.
Tekan OK untuk menutup form. Suara sekarang harus terlihat dalam daftar di sebelah kiri. Kita sekarang perlu memastikan suara dimainkan saat pemain mengklik sebuah apel. Buka kembali benda apel dengan mengklik ganda di daftar di sebelah kiri.




Pilih acara Left Pressed, dengan mengkliknya di daftar acara. Dalam daftar tindakan Anda sekarang akan melihat aksi melompat dan mencetak gol. Di sebelah kanan form, pilih halaman tab berlabel main1. Satu set tindakan baru muncul. Seret tindakan dengan pembicara di dalamnya ke daftar tindakan untuk memutar suara.
Pada form yang muncul, pilih suara seperti suara klik (klik dengan mouse pada icon menu atas untuk memilih suara). Pastikan untuk menyimpan nilai loop ke false karena kita ingin suara diputar hanya sekali. Selanjutnya tekan tombol OK. Daftar tindakan sekarang harus terlihat sebagai berikut:

Sekali lagi tekan OK untuk menutup formulir objek. Simpan dan mainkan permainan, dan sekarang suara itu harus diputar kapan pun Anda mengklik apel.
Menambahkan Musik
Untuk memperbaiki suasana kita akan menambahkan background music ke game. Klik lagi tombol untuk menambahkan suara. Dalam bentuk beri suara nama yang sesuai dan tekan tombol Load Sound. Anda tetap harus berada di dalam folder dengan suara untuk tutorialnya. Pilih file music.mid. Ini adalah file midi. Ini berguna sebagai musik latar karena ukurannya agak kecil. Banyak yang bisa ditemukan di internet. Tekan OK untuk menutup form suara.
Sekarang kita perlu memastikan bahwa suara akan diputar di awal permainan dan loop selamanya. Kita akan menggunakan objek tambahan untuk itu. Tekan tombol dengan bola biru untuk menambahkan objek baru dan berikan nama yang sesuai. Tidak perlu sprite. Klik pada tombol Add Event dan pilih Create event. Di sisi kanan pilih halaman main1 dan seret action Play Sound ke daftar tindakan. (Anda sekarang harus tahu bagaimana ini bekerja.) Sebagai suara pilih musik dan atur loop ke true. Jadi musik sekarang akan bermain selamanya setelah objek dibuat.




Tekan OK untuk menutup form aksi dan sekali lagi tekan OK untuk menutup form objek. Kita masih perlu menambahkan objek ke ruangan, kalau tidak maka tidak akan tercipta. Pada daftar di sebelah kiri klik dua kali pada ruangan untuk membuka wujudnya. Pastikan halaman objek terlihat di sebelah kiri. Klik pada ikon menu di tengah untuk memilih objek musik. Sekarang klik di suatu tempat di ruangan untuk menambahkan sebuah instance dari objek. Objek tidak memiliki sprite sehingga bola biru kecil dengan tanda tanya ditampilkan sebagai gantinya:




Hati-hati hanya menambahkan satu instance dari objek musik. Tekan kotak centang hijau untuk menutup bentuk ruangan. Simpan permainan dan jalankan. Anda sekarang harus mendengar musik latar.
Lebih banyak buah
Mari kita tambahkan beberapa variasi permainan dengan memasukkan jenis buah lainnya. Karena langkahnya sama seperti sebelumnya kita hanya menggambarkan detail global. Sprite untuk buah sudah ada sehingga kita tidak perlu menambahkannya lagi.
Tambahkan objek baru (klik bola biru). Berikan nama yang sesuai dan berikan sprite pisangnya. Yang satu ini akan menjadi sedikit lebih sulit untuk diklik. Tambahkan acara Buat dan di dalamnya tambahkan tindakan untuk bergerak ke arah yang tetap. Pilih saja panah diagonal dan berikan kecepatan 12.
Tambahkan acara Tabrakan dengan objek dinding dan di tambahkan aksi untuk memantul, sama seperti sebelumnya. Selanjutnya tambahkan event Mouse untuk Left pressed. Di dalamnya menambahkan aksi untuk membiarkan objek melompat ke posisi acak. Tambahkan action untuk menetapkan score (dari score tab) dengan nilai 100 (ini adalah buah yang lebih sulit sehingga Anda harus mendapatkan nilai yang lebih tinggi), dan jangan lupa klik kotak Relative untuk menambahkan nilainya ke skor. Akhirnya tambahkan aksi untuk memutar suara (dari tab utama) dan putar suara klik.
Dengan cara yang sama tambahkan benda untuk ceri dan stroberi. Anda dapat memberi mereka kecepatan yang berbeda dan skor yang sesuai atau lebih rendah. Jika Anda menemukan ini semua banyak pekerjaan, Anda juga bisa klik kanan pada objek yang ada dan pilih Duplicate. Ini menciptakan salinan objek. Anda sekarang dapat mengubah nama dan sprite, dan mengubah nilai untuk berbagai tindakan (dengan mengklik ganda pada mereka).




Sekarang buka kembali ruangan (klik dua kali di dalamnya dalam daftar) dan tambahkan beberapa contoh buah yang berbeda. Anda mungkin perlu mengeluarkan beberapa apel untuk memberi ruang. Ingat bahwa Anda dapat menggunakan tombol mouse sebelah kanan untuk menghapus contoh.
Simpan dan mainkan permainan. Uji semuanya dengan hati-hati. Pastikan bahwa Anda memang mendapatkan skor yang sesuai dengan kesulitan buah.
Menambahkan Bom
Meski permainan sudah bisa menyenangkan untuk dimainkan, ada yang hilang. Anda tidak bisa kalah! Anda bisa terus mengklik secara acak, yang sebenarnya tidak terlalu menyenangkan. Makanya, kita akan menambahkan bom ke game. Jika Anda mengklik sebuah bom, Anda akan kalah dan permainan akan berakhir. Bom akan statis. Mereka tidak akan bergerak, tapi jumlah mereka terus meningkat untuk membuat permainan semakin sulit seiring berjalannya waktu.
Sprite bom sudah ada tapi kami butuh efek suara untuk itu. Tekan tombol dengan speaker untuk menambahkan suara. Berikan nama yang sesuai, tekan tombol Load Sound dan pilih explosion.wav. Tekan OK untuk menutup form suara.
Sekarang buat objek bom dengan mengklik tombol bola biru. Berikan benda itu nama yang sesuai dan sprite bom. Kami ingin bom itu muncul di tempat yang acak. Untuk tujuan ini, tambahkan acara Buat. Di situ letakkan aksi untuk terjun ke lokasi yang acak.
Bila menggunakan klik di atasnya kita ingin game berakhir. Jadi tambahkan Mouse event Left ditekan. Sebagai tindakan pertama kita ingin memutar suara meledak jadi tambahkan aksi bermain suara (dari tab main1) dan pilih suara meledak. Selanjutnya kita ingin menunggu sebentar untuk membiarkan sang pemain menyadari dirinya kalah. Dari tab main2, seret tindakan tidur (dengan zzz di atasnya) dan letakkan di bawah tindakan suara putar. Nilai defaultnya bagus, jadi tekan OK.
Sebagai langkah selanjutnya kami ingin menampilkan daftar highscore. Ini sangat mudah di Game Maker. Dari tab skor, seret aksi highscore show (dengan 1,2,3 di dalamnya). Dalam bentuk Anda dapat mengatur beberapa nilai. Sebagai latar belakang Anda bisa memilih latar belakang kayu. Anda juga bisa mengubah warna dan font jika Anda suka, misalnya sebagai berikut:


Sebagai langkah terakhir kita butuh tindakan untuk me-restart game, yang bisa ditemukan di main2 tab. Daftar tindakan sekarang harus terlihat sebagai berikut:




Pastikan urutan tindakan sudah benar. (Jika tidak, seret mereka ke lokasi yang benar.) Itu selesai dengan objek bom jadi lebih baik tekan tombol OK untuk menutup form. Untuk menguji permainan, tempatkan satu atau dua benda bom di ruangan itu. Simpan permainan, jalankan, ambil beberapa buah lalu klik pada bom. Suara ledakan harus didengar dan daftar highscore harus ditunjukkan. Perhatikan bahwa dalam daftar ini Anda bisa menambahkan nama Anda jika mendapatkan nilai tinggi baru.
Membuat Bom
Untuk membuat permainan lebih sulit kita ingin membuat bom tambahan saat bermain game. Kita bisa membuat objek baru untuk melakukan ini tapi kita juga bisa menggunakan objek musik untuk ini. Jadi buka kembali objek musik dengan mengklik ganda di daftar di sebelah kiri.
Untuk membuat bom kita akan menggunakan jam alarm. Anda dapat mengatur jam ini ke nilai tertentu dan mereka kemudian akan memilih ke 0. Setelah mereka mencapai 0, sebuah acara Alarm akan terjadi. Untuk menginisialisasi jam alarm, masuklah ke tab main2 dan seret tindakan kiri atas (dengan gambar jam) ke daftar tindakan (di bawah tindakan suara putar). Karena jumlah langkah menunjukkan nilai 60. Sebentar adalah 30 langkah sehingga kita akan menambahkan bom baru setiap 2 detik. Pastikan alarm 0 dipilih.
Sekarang tekan Add Event, klik pada event Alarm dan pilih di menu Alarm 0. Dalam acara ini kita akan membuat bom. Buka tab main1 dan seret tindakan kiri atas ke daftar tindakan (bola lampu). Klik pada icon menu dan pilih objek bomb.




Tidak perlu mengatur posisi karena bom tetap akan melompat ke posisi acak. Selanjutnya kita harus mengatur jam alarm lagi. Jadi tambahkan tindakan alarm (dari tab main2) dan atur alarm 0 lagi sampai 60. Ini akan mengulangi prosesnya. Jadi daftar tindakan sekarang terlihat sebagai berikut:




Tutup formulir objek, save the game, dan jalankan. Anda harus melihat lebih banyak dan lebih banyak bom muncul dan akhirnya Anda akan mengklik salah satunya dan permainan akan berakhir. Jika Anda ingin membuat permainan sedikit lebih keras, Anda juga bisa membiarkan bom bergerak perlahan. Anda sekarang harus tahu bagaimana mencapainya.
Memberikan Bantuan
Meskipun Anda tahu cara bermain game, orang lain mungkin tidak. Jadi Anda harus memberikan bantuan untuk pemain. Ini sangat mudah di Game Maker. Klik dua kali pada Game Information di bagian bawah daftar di sebelah kiri.




Editor sederhana akan muncul. Di sini Anda bisa mengetikkan sedikit teks bantuan. Beri nama permainan Anda dan jelaskan apa tujuannya. Anda bisa memilih berbagai font, warna, dan gaya. Setelah Anda siap, tekan tanda centang hijau di bagian kiri atas untuk menutup formulir.
Sekarang saat Anda menjalankan permainan dan tekan F1, teks bantuan akan muncul. Escape akan mengembalikanmu ke permainan.
Selamat
Anda sekarang telah menyelesaikan permainan pertama Anda. Seperti yang Anda lihat, itu tidak terlalu sulit. Permainan Anda seharusnya terlihat seperti ini:




Jika tidak benar-benar bekerja dengan benar, Anda selalu dapat memuat permainan dari folder Contoh. Setelah permainan siap, Anda mungkin ingin memberikannya kepada teman Anda. Tapi mereka mungkin tidak memiliki Game Maker. Untuk tujuan ini, masuklah ke menu File dan klik Create Executable. Tunjukkan nama (dan lokasi) dan tekan Save. Anda sekarang akan memiliki permainan yang berdiri sendiri yang bisa Anda berikan kepada semua orang untuk dimainkan.

Anda telah belajar tentang elemen terpenting Game Maker: sprite, latar belakang, suara, musik, objek, acara, tindakan, dan ruangan. Anda sekarang harus bisa mulai membuat game sendiri. Tapi masih banyak yang bisa dipelajari. Anda dapat memeriksa file bantuan atau Anda bisa membaca beberapa tutorial lagi. Dan ada juga buku tentang Game Maker. Anda dapat mengakses semua informasi ini melalui menu Help. Nikmati!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Spanduk Warkop

desainer98@gmail.com SPANDUK WARKOP BUAT YANG MAU DI DESAINKAN SILAHKAN HUBUNGI NO.INI 085340842584